Sunday 11 July 2010

Libia dan Yunani mengirim bantuan ke gaza



Athena - Infopalestina: Aksi menembus blokade Jalur Gaza terus dilakukan oleh dunia internasional. Lembaga Pembangunan Al-Qadafi yang dikoordinasi oleh Saiful Islam, anak kandung presiden Libia Muammar Qadafi kemarin Jumat (9/7) menegaskan bahwa pihaknya berniat mengirim kapal bantuan dari Yunani ke Jalur Gaza.

Jubir kedubes Libia di Athena Muhammad Al-Hafidl menegaskan kapal bantuan yang diberi nama Hoob akan bertolak dari pelabuhan Lavrio 60 km dari timur Athena.

Lembaga Pembangunan Al-Qadafi menegaskan dalam keterangannya bahwa kapal itu memuat 2000 ton bantuan kemanusiaan antara makanan dan obat-obatan dan sejumlah aktivis solidaritas terhadap blokade Gaza.

Komite Tetap Swasta Libia untuk Solidaritas Bangsa Palestina mengumumkan bahwa negaranya akan mengirim konvoi bantuan kemanusiaan terbesar melalui darat ke Jalur Gaza pada Senin depan.

Sebelumnya, Koordinator umum komite Nouri bin Utsman – seperti dilansir situs Aljazeera menegaskan, konvoi darat ini terdiri dari 20 truk berat lengkap dengan segala jenis bantuan kemanusiaan untuk keperluan rakyat Palestina di Jalur Gaza. Ia menilai konvoi adalah yang terbesar melalui jalan darat yang pernah masuk Jalur Gaza.

Konvoi ini akan membawa bantuan berupa tepung, pupuk, kurma, pakaian, selimut, alat medis, obat-obatan, alat bantu orang cacat, tas sekolah, kertas, air minum, air jus, disamping tim medis dari berbagai spesialis.

Bin Utsman menegaskan, saat ini sedang dilakukan koordinasi dengan Bulan Sabit Merah Mesir soal kemudahan perlintasan ke Jalur Gaza melalui Rafah.

Koordinator umum komite menegaskan bahwa aib Israel sudah terbuka jelas setelah aksi barbar pembajakan dan penyerangan terhadap kapal bantuan Freedom Flotilla sehingga penjajah Israel yang selama ini mengaku negara demokrasi dan pejuang HAM itu sudah tidak memiliki harga diri lagi.

Sementara itu ketua komite penyandang dana konvoi bantuan ini Said Qaud menegaskan bahwa pihak resmi, sipil, organisasi profesi dan lembaga swasta berkontribusi dalam mendukung konvoi bantuan ini dengan dukung penuh dari presiden Libia Muammar Qadafi.

Qaud mengisyaratkan bahwa dirinya tidak mendapatkan informasi jika presiden Qadafi akan ikut konvoi ini. Menurut jadwal, pemerintah Libia akan resmi mengumumkan pemberangkatan konvoi bantuan ini di depan konferensi pers Arab dan asing. (bn-bsyr)

No comments:

Post a Comment